Aneka Camilan khas Bandung

Apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika pertama kali mendengar Kota Bandung? Pasti destinasi wisata nya yang mempesona serta wisata kuliner nya yang sangat khas. Tidak hanya lezat dan nikmat saja, namun kuliner khas Bandung cukup beragam dan sudah cukup terkenal. Berbagai wisata kuliner mulai dari makanan tradisional, kekinian, hingga camilan yang bikin ketagihan bisa kamu temukan di Kota Kembang ini. Tak heran jika banyak wisatawan dari luar Kota Bandung menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung kesini. Nah, kalau kamu jalan – jalan kesini jangan lupa mencicipi aneka camilannya yang khas ya! Seperti salah satunya adalah aneka camilan yang terbuat dari aci atau tepung kanji.

Yang namanya camilan, tentu tak pernah cukup kalau cuma makan satu atau dua buah saja. Apalagi bukan rasanya saja, tapi harganya yang miring bikin camilan khas Bandung ini betul – betul bikin ketagihan. Mau tahu apa saja camilan yang terbuat dari tepung kanji tersebut? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Cimol

Pasti sudah tak asing lagi dong dengan camilan yang satu ini? Cimol yang berbahan dasar dari adonan tepung kanji yang diberi aneka bumbu seperti garam, merica dan minyak ikan lalu di olah dan dibentuk bulatan kecil – kecil. Setelah adonan siap, digoreng dengan menggunakan minyak panas. Camilan yang satu ini sangat nikmat disantap dalam keadaan masih panas, karena apabila disantap ketika sudah dingin teksturnya akan berubah menjadi alot.

2. Cilok

Tak hanya di kota Bandung saja, namun camilan ini bisa kamu temukan di tiap – tiap daerah di Indonesia. Bentuknya yang bulat dan hampir mirip dengan bakso, memuat kuliner yang terbuat dari aci ini menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke Kota Bandung. Menggunakan aci sebagai bahan utamanya, membuat camilan yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Cilok biasanya ditusuk dengan menggunakan tusukan bambu dan disajikan dengan kecap, saus kacang dan sambal. Bahkan ada juga yang diberi kuah hingga mirip seperti bakso.

3. Cibay (Aci Ngambay)

Cibay merupakan singkatan dari Aci Ngambay atau ada juga yang menyebutnya Aci Lebay.  Pada dasarnya adonan yang digunakan dan caranya sama seperti membuat biang untuk cireng hanya saja Cibay dibungkus dengan kulit lumpia seperti halnya kita membuat Martabak telur Mini Kulit Lumpia.  Cibay memiliki penampilan yang sederhana dengan tekstur yang garing dan renyah di bagian luar (kulit), namun saat sampai kebagian dalam anda akan mendapatkan sensasi makan cireng yang lembut dan sedikit kenyal dengan rasa yang gurih.

4. Cilung

Cilung merupakan camilan yang dibuat dari adonan tepung aci atau  kanji atau tepung sagu. Supaya enak, tentu diberi aneka bumbu. Rasanya gurih dan enak, cocok di lidah masyarakat Indonesia. Disebut cilung karena makanan terbuat dari tepung aci ini adonannya dimasak, kemudian digulung melilit tusuk sate. Lalu disingkat aci gulung atau cilung.

5. Cimin

Cimin atau cireng mini merupakan camilan dari kota Bandung, yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung aci. Bedanya dengan cireng biasa, cireng mini ini adonannya dibuat memanjang. Setelah direbus hingga matang lalu dipotong ukuran kecil – kecil.

6. Cilor

Nama camilan ini merupakan singkatan dari cireng telor. Adonan aci yang berbentuk kotak-kotak kecil ditusuk pada tusuk sate dan digoreng bersama kocokan telur. Seperti camilan aci lainnya, cilor bisa dimakan dengan bumbu bubuk atau diberi saus sambal.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.