Air Terjun Rombo Dait, Obyek Wisata Alam Tersembunyi di Kalimantan Barat

Tidak hanya Pulau Jawa saja yang memiliki kawasan wisata andalan, nyatanya banyak juga pulau – pulau luar Jawa yang memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dengan Pulau Jawa. Namun sayangnya saja keindahan alam di luar Pulau Jawa belum cukup terkenal, misalnya saja Pulau Kalimantan ini. Mungkin bagi sebagian orang ketika mengunjungi ke pulau ini yang dilihat hanyalah hutan, namun siapa sangka justru dari hutan tersebut ada beberapa obyek wisata menarik yang tersembunyi. Salah satunya adalah sebuah air terjun yang bernama air terjun Rombo Dait, letaknya berada di kawasan Kalimantan Barat.

Pasti diantara kalian ada yang masih penasaran dengan keindahan air terjun ini. Lokasinya memang terbilang cukup jauh dari pemukiman warga, setidaknya kamu harus berjalan kaki menyusuri hutan terlebih dulu untuk sampai ke tempat tersebut. Kalimantan Barat memang memiliki tempat wisata yang sebagian banyak lokasinya berada di dalam hutan. Keindahan tempat wisata nya pun masih terjaga karena masih banyak wisatawan yang belum menjamah tempat wisatanya.

Apabila kamu ingin berkunjung ke tempat wisata yang berada disana, kamu tak bisa sembarangan datang karena mengingat untuk mencapai lokasinya butuh perjuangan yang tak main – main. Jalanan yang harus kamu lewati untuk dapat sampai ke tempat tersebut adalah kamu harus melewati jalanan yang terjal dan juga masuk – masuk kedalam hutan. Anggap saja ketika kamu melewati jalan tersebut sebagai petualangan kamu dalam menjelajah hutan Borneo. Namun disinilah nilai kesenangan yang akan kamu dapatkan, selain jalanan yang terjal kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar.

Untuk kamu yang menyukai olahraga hiking ataupun tracking, tempat ini sangat cocok untuk kamu lewati. Ketika melewatinya kamu juga perlu berhati – hati karena jalur ini masih hutan belantara dan tak jarang masih ada beberapa jenis hewan liar yang mengintai kamu seperti ular. Akan tetapi setelah kamu sampai di air terjun, semua perjalanan kamu akan terbayar dengan air terjun yang cantik dan pemandangan pepohonan besar yang ada di sampingnya.

Air terjun yang bercucuran bisa langsung kamu nikmati kesegarannya. Sebenarnya jika kamu ingin berkunjung kesini, waktu yang sangat tepat untuk berkunjung adalah jam 1 siang karena ketika kamu datang terlalu petang lokasinya akan sangat berbahaya. Air terjun ini terbagi atas 7 tingkatan dan setiap tingkatannya bisa kamu nikmati. Di bagian pertama, kamu akan merasakan seperti duduk di atas hamparan pasir putih dengan ketinggian sekitar 70 meter. Sedangkan di bagian ketujuh, kamu akan menemukan bentuk yang berbeda dengan tingkatan yang lainnya yaitu melebar ke samping.

Sebenarnya juga ada kepercayaan dari masyarakat sekitar terkait dengan air terjun yang satu ini, konon ada yang menyebutkan bahwa jika air terjun mengeluarkan suara bergemuruh menandakan panen besar akan segera datang. Destinasi wisata yang satu ini cukup terkenal di Kalimantan Barat, tak heran jika setiap akhir pekan banyak wisatawan yang datang berkunjung kesini.

Daya tarik lainnya yang ada disekitar air terjun, terdapat pohon yang sangat besar dan merupakan jelmaan dari ular raksasa sehingga pengunjung dilarang untuk mengusik pohon tersebut. Tapi Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung kesini, kawasan wisata ini bisa dikatakan cukup aman untuk didatangi oleh para wisatawan. Destinasi wisata gratis yang bisa didatangi siapa saja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.