5 Obyek Wisata di Makassar Ini Bisa Kamu Kunjungi Saat Berlibur di Kota Ini

Jika Pulau Bali dan  Pulau Lombok terkenal akan keindahan alamnya,maka hal serupa pun bisa kamu temui ketika berkunjung ke  Kota Makassar. Kota yang memiliki luas sekitar 175,77 kilometer persegi ini ternyata memiliki surga tersembunyi di dalamnya. Nah, untuk kamu yang ingin mengisi liburan nya dengan berkunjung ke kota ini maka rencanakan jadwalnya dari jauh – jauh hari. Berikut ada beberapa obyek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berkunjung ke Kota Makassar, diantaranya adalah:

1. Pantai Losari
Mungkin nama pantai yang satu ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kamu yaitu Pantai Losari. Bisa di katakan obyek wisata yang satu ini menjadi salah satu ikon Kota Makassar sampai – sampai sempat dibuatkan lagu yang berjudul Sumpah Benang Emas Pantai Losari. Lokasi nya berada di pusat Kota Makassar membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Disana juga terdapat tulisan berukuran besar yang bertuliskan Pantai Losari dan bisa dijadikan sebagai spot menarik saat kamu berfoto ria bersama teman atau keluarga kamu. Keindahan lainnya yang bisa kamu lihat adalah sunset di kala senja tiba.

2. Pulau Samalona
Pulau Samalona merupakan salah satu obyek wisata bahari yang sering dijadikan incaran oleh wisatawan yang berkunjung. Pasalnya di pulau ini terdapat keindahan bawah laut yang sangat mempesona sehingga kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving di kawasan pulau ini. Selain biota laut nya yang menarik perhatian wisatawan yang datang, keindahan lainnya yang bisa kamu temui disini adalah hamparan pasir putih yang luas serta dibalut dengan beningnya air laut yang jernih. Jaraknya pun cukup dekat dari pusat Kota Makassar yaitu 7 km dan kamu bisa menggunakan speadboat untuk sampai di Pulau Samalona ini. Dengan menggunakan speadboat, cukup menempuh waktu sekitar 30 menit saja untuk dapat sampai di Pulau Samalona.

3. Pulau Kadingareng
Selain Pantai Losari dan Pulau Samalona, ada juga Pulau Kadingareng yang memiliki keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan kedua obyek wisata tersebut. Pulau ini merupakan pulau yang tidak ada penghuninya, jadi jika kamu berkunjung ke pulau ini akan merasakan ketenangan dan kebisingan dari keramaian suasana di kota. Karena pulau ini tidak berpenghuni, dan pastinya juga kamu tidak akan menemukan penjual makanan di sepanjang pantainya maka disarankan agar kamu membawa persediaan yang cukup selama di Pulau Kadingareng. Keindahan alam yang dimiliki oleh pulau ini adalah air lautnya yang berwarna biru muda, toska hingga biru tua serta aneka biota laut nya yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling dan diving. Namun untuk peralatan snorkeling nya kamu bawa sendiri ya mengingat di pulau ini belum ada fasilitas yang disedikan. Akses nya bisa menggunakan speadboat yang dermaganya berada di Pantai Losaari.

4. Taman Nasional Bantimurung
Obyek wisata pantai dan pulau sudah kita bahas diatas kini beralih ke obyek wisata lainnya yang tidak kalah menariknya yaitu Taman Nasional Bantimurung. Taman Nasional Bantimurung terletak di Maros, Sulawesi Selatan. Dengan menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Makassar maka kamu akan sampai ke obyek wisata tersebut. Yang menjadi daya tarik utama dari Taman Nasional ini adalah Kupu – kupu dan berbagai keunikan lainnya yang terdapat di dalamnya seperti bukit kapus yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, serta gua yang merupakan habitat beragam spesies.

5. Puncak Malino
Tak jauh berbeda dengan Kota Bogor yang memiliki puncak, Kota Makassar pun memiliki puncak yang berada di kawasan Malino. Puncak Malino merupakan kawasan yang memiliki suasana dingin dan sejuk. Kawasan ini juga ramai dikunjungi saat akhir pekan, ketika ingin melepaskan kepenatan dan menghirup udara segar. Kawasan Malino berada sekitar 90 km sebelah Tenggara Kota Makassar. Dari Kota Makassar, akses untuk menuju ke Kawasan Malino relatif cukup mudah. Dengan lama perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam. Di sepanjang perjalanan menuju Puncak Malino, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dan keindahan batu kapur yang sangat mempesona.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.