5 Minuman Khas Indonesia Pelepas Dahaga

Makanan atau minuman manis merupakan salah satu menu berbuka puasa yang harus ada, karena makanan dan minuman manis dapat memberikan asupan energi bagi tubuh. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai menu makanan dan minuman manis yang cocok disajikan untuk berbuka puasa seperti salah satu nya adalah Kolak. Namun selain kolak ada 5 minuman manis dan menyegarkan khas Indonesia yang pas untuk berbuka. Diantaranya adalah :

1. Es Cendol

Es Cendol adalah salah satu minuman tradisional yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya, apalagi bulan puasa seperti saat ini. Perpaduan antara gula merah, santan, dan cendol membuat rasanya sangat nikmat dan gurih apalagi jika di tambahkan dengan es yang mampu menyegarkan. Biasanya kita akan dengan mudah menemui minuman yang satu ini karena biasa dijual di pinggir jalan. Cendol nya sendiri terbuat dari tepung beras yang diolah dan diberikan pewarna hijau, kemudian dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Biasanya warna hijau pada cendol dihasilkan dari pewarna alami seperti daun pandan.

2. Es Kelapa Muda

Tentunya sudah tak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Selain menyegarkan, kelapa muda juga berkhasiat untuk membantu menetralisir racun di dalam tubuh, membantu menyembuhkan demam berdarah, membantu menghilangkan rasa mual dan lain sebagainya. Namun saat Bulan Ramadhan seperti sekarang, es kelapa muda ini sangat nikmat disajikan sebagai menu berbuka. Daging buah nya yang masih lunak dengan tambahan sirup, susu atau gula sebagai pemanis nya.

3. Es Teler

Es Teler merupakan salah satu minuman yang terbuat dari santan , gula cair, dan aneka buah seperti potongan alpukat, nangka, kelapa muda, dan cincau.

4. Es Selendang Mayang

Minuman khas Betawi yang satu ini mampu menghilangkan haus dan dahaga setelah seharian berpuasa. Minuman ini memiliki citarasa yang manis dan sedikit asin yang diberi es serut sehingga membuat minuman ini semakin segar dan nikmat. Selain menyegarkan, es selendang mayang juga mampu menghilangkan rasa lapar karena terbuat dari tepung beras. Pada zaman dahulu, es selendang mayang hanya terdapat dua warna saja yaitu merah dan putih namun kini ada warna hijau yang dimana warnanya berasal dari daun suji agar lebih banyak warna.

5. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, es pisang ini terbuat dari pisang Raja yang sudah matang. Pisang tersebut kemudian dibungkus dengan adonan yang berwarna hijau yang kemudian di kukus agar matang. Setelah matang, potong adonan pisang tersebut menjadi beberapa bagian untuk disajikan bersama dengan saus santan dan sirup berwarna merah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.