Tiga Spot Diving di Pulau Karimunjawa

Pertama kali mendengar obyek wisata Karimunjawa tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga, pasalnya destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang terletak di Laut Jawa dan memiliki luas perairan sekitar 110.000 hektare dan luas daratan sekitar 1.500 hektare. Keindahan alam nya yang melegenda maka tak heran banyak wisatawan lokal hingga mancanegara memilih pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata liburan di akhir pekan. Pada tanggal 5 Maret tahun 2001, Karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh Pemerintah Jepara. Disini kita bisa menemukan berbagai jenis terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai dan berbagai jenis spesies fauna laut dan ikan hias.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Pulau Karimunjawa juga memiliki banyak spot diving atau menyelam. Nah, mau tahu dimana saja lokasinya? Simak ulasan berikut ini ya!

1. Pulau Menjangan Kecil

Tak perlu jauh – jauh berlibur ke Raja Ampat hanya untuk mencari spot diving yang keren, di Karimunjawa juga ada spot diving yang tak kalah kerennya yaitu tepat di Pulau Menjangan Kecil. Untuk menuju spot diving ini membutuhkan sekitar 30 menit perjalanan dari Pulau Karimunjawa ke arah Barat. Bisa dikatakan, pulau yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah keindahan bawah lautnya berupa terumbu karang serta penangkaran hiu. Sungguh sangat mengesankan ketika kamu berkunjung kesana. Jadi jangan lewatnya berkunjung ke pulau yang satu ini ya selagi kamu berlibur di Karimunjawa.

2. Pulau Cemara Kecil

Pulau Cemara Kecil Karimunjawa, salah satu pesona pulau di karimunjawa dengan pemandangan karang disekitar bibir pantai di tambah dengan jernihnya air laut di sepanjang pulau. keindahan alam lainnya yang bisa kamu saksikan selama berlibur di pulau ini adalah jernihnya air laut yang berwarna biru serta terumbu karang yang sangat indah yang berada di bawah laut. Karena dangkalnya perairan di sekitar Pulau Cemara maka kapal tidak bisa bersandar hingga bibir pantai.Di sisi sebelah barat anda bisa melihat keindahan gunung di pulau besar karimunjawa, yang masih sangat hijau dan rindang. selain itu banyaknya pasir putih di sekitar pulau menjadi tempat yang asyik untuk kamu yang ingin bermain dengan pasir dan air laut di bibir pantai pulau cemara kecil, kamu juga bisa berkunjung ke pulau cemara kecil ini pada musim angin timur karena pada musim angin barat ombak di sekitar pulau ini sangat deras sekali.

3. Pulau Cilik

Pulau cilik karimunjawa termasuk salah satu pulau dari sekian banyak pulau di karimunjawa yang tidak berpenghuni dan biasa digunakan sebagai obyek wisata oleh para pelancong atau wisatawan yang melakukan agenda liburan karimunjawa. Pulau cilik ini dipenuhi oleh pasir putih dan dikelilingi oleh air laut yang sangat jernih sekali. Dipulau cilik karimunjawa ini tidak ada terlihat tanah sedikitpun pada gosong dan hanya ada pasir putih yang sangat lembut. Dikarenakan kondisi air laut yang ada di pulau ini sangat jernih, maka bisa terlihat juga perairan di sekitarnya yang terkadang terlihat sekelompok angelfish. Untuk kamu yang memiliki hobi snorkeling, lokasi ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas tersebut namun disarankan jika ingin snorkeling untuk menyelam lebih dalam karena kamu akan melihat betapa indahnya terumbu karang yang berwarna – warni.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.