Sering Mengalami Mata Merah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini

Mata merupakan salah satu indera tubuh yang memiliki fungsi sangatlah penting, yaitu untuk melihat, jika seandainya kesehatan mata terganggu pastinya juga akan memberikan rasa kurang nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bahkan tak jarang diantaranya yang dianjurkan memakai kacamata sebagai alat bantu untuk penglihatan. Bahkan seiring dengan bertambahnya usia tidak bisa dipungkiri jika seandainya penglihatan juga jadi lebih rentan bermasalah seperti rabun dan sejenisnya.

Bahkan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang selama ini mungkin sering Anda lakukan juga bisa menjadi faktor penyebab mata Anda mengalami gangguan. Seperti kondisi yang paling sering terjadi dan mungkin juga pernah Anda rasakan adalah mata merah. Ini adalah sebuah kondisi dimana sklera atau bagian putih mata tersebut berubah warna menjadi memerah. Biasanya warna merah ini bisa berbentuk garis-garis tips, berlekuk atau juga bahkan pada semua bagian sklera mengalami perubahan menjadi merah.

Tak hanya berubah warna menjadi memerah saja, terkadang hal ini juga kerap kali disertai dengan rasa gatal, perih sampai terasa ada yang mengganjal pada bagian mata tersebut. Namun pada beberapa kasus hal tersebut mungkin tidak akan disertai dengan adanya gejala. Lalu apa saja faktor penyebabnya? berikut ini yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Faktor lingkungan, hal yang paling sering terjadi adalah lingkungan yang memicu terjadinya iritasi mata, seperti alergi udara, polusi udara, terkena asap rokok, disebabkan oleh iklim yang kering, debu, paparan dari bahan kimia layaknya klorin yang ada pada kolam renang, juga bisa terjadi karena paparan dari sinar UV matahari yang berlebihan.
  2. Penyebab paling umum, hal-hal umum lainnya yang bisa menjadi penyebab dari mata merah ini nyatanya juga sangat beragam, mulai diantaranya adalah:
  • Mata kering, ketika kondisi udara terlalu kering atau terlalu lama berada di dalam ruangan ber AC, akan membuat mata menjadi kering dan memerah.
  • Alergi mata, setiap orang memiliki alergi berbeda-beda misalnya saat terkena debu atau polusi udara, maka bisa menyebabkan mata juga memerah.
  • Conjunctivas, dikenal juga sebagai pink eyes.
  • Pemakaian lensa kontak, terlalu lama menggunakan kontak lens, ataupun kurang memperhatikan kebersihannya nyatanya juga sangat beresiko menjadi pemicu mata memerah.
  • Terlalu lama melihat layar gadget, karena memang layar perangkat teknologi tersebut mengeluarkan cahaya yang sebenarnya kurang bagus bagi mata.
  1. Kondisi-kondisi serius, mata merah pada dasarnya juga dapat dipicu oleh beragam masalah serius yang tidak dapat disepelekan, sebut saja diantaranya adalah terjadinya infeksi, kemudian juga dipicu oleh trauma atau cedera, baru saja melakukan tindakan operasi pada mata, ulkus kornea sampai dengan uveitis.

Lalu bagaimanakah caranya menghilangkan mata merah tersebut? Sebenarnya langkah mudah adalah dengan menghindari faktor atau sumber penyebabnya. pengobatan juga bisa menyesuaikan dengan apa penyebab dari mata merah Anda. Misalnya adalah ketika mata terlalu kering maka bisa mengandalkan obat tetes mata yang berfungsi untuk membuatnya kembali basah dan iritasi atau kemerahan tersebut perlahan juga akan menghilang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.