Wisata Alam Air Terjun Tumpak Sewu

Setelah sepekan menjalankan rutinitas di kantor terkadang sangat membosankan maka tak jarang jika rasa jenuh itu menghampiri. Tubuh dan pikiran pun lelah setelah menjalani serangkaian rutinitas yang tak ada habisnya. Jika kamu merasakan hal tersebut maka tak ada salahnya jika di akhir pekan mencari destinasi wisata alam yang bisa menyegarkan pikiran kamu kembali. Banyak orang yang menyegarkan pikiran dengan cara mengunjungi tempat – tempat wisata alam seperti salah satunya yaitu Air Terjun. Berkunjung ke destinasi wisata alam yang satu ini membuat pikiran menjadi fresh kembali dan jiwa menjadi tenang. Suara gemuruh air yang jatuh, percikan air yang dingin serta dikelilingi pepohonan hijau yang rindang adalah hal yang bakal kamu rasakan saat datang berkunjung ke wisata alam Air Terjun.

Salah satu lokasi wisata air terjun yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang lokasinya berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ada yang bilang jika air terjun ini memiliki dua nama yaitu Air Terjun Tumpak Sewu dan ada juga yang menyebutnya Air Terjun Coban Sewu atau Grojogan Sewu. Dinamakan Tumpak Sewu karena disebut – sebut air terjun ini memiliki serbu aliran air dan jika diartikan dalam Bahasa Jawa adalah Sewu. Secara Geografis, Air Terjun ini berada di aliran Sungai Glidih yang dimana sungai ini menjadi perbatasan antara Kecamatan Ampe lGading Malang dan Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki banyak sumber mata air yang jatuh ke dasar tebing, dan mungkin karena jumlah mata air terjunnya yang banyak itu menjadi dasar kenapa air terjun ini diberikan nama Tumpak Sewu. Untuk aliran air terjun lainnya berasal dari rembesan mata air dari dinding bukit. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian 120 meter dan memiliki dua titik menarik yaitu Pos Panorama dan Lembah Air Terjun Tumpak Sewu. Dari Pos Panorama, wisatawan yang berkunjung bisa melihat keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian. Sementara jika ingin menuju ke Lembah Air Terjun Tumpak Sewu harus trekking terlebih dahulu dengan melewati jalur yang cukup terjal.

Lain hal nya jika ingin menuju Pos Panorama Air Terjun Tumpak Sewu yang harus berjalan sekitar 400 meter dari pelataran parkir. Air terjun Tumpak Sewu bisa diakses dari arah Kabupaten Lumajang maupun Malang. Perjalanan menuju Air Terjun Tumpak Sewu ditempuh dalam waktu sekitar 1,5-2 jam. Untuk bisa masuk ke area Air Terjun Tumpak Sewu wisatawan dikenakan biaya masuk Rp 10.000. Pengunjung yang ingin turun ke lembah air terjun dibatasi hanya sampai pukul 15.00 WIB

Share this:

Leave a comment