Susu Rendah Laktosa dan 3 Jenis Susu Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Anda yang Mengalami Intoleransi Laktosa

Susu memang menjadi salah satu minuman favorit bagi setiap orang, selain dikenal memiliki rasa yang nikmat sebenarnya minuman yang satu ini juga mengandung banyak sekali nutrisi bermanfaat bagi manusia. Itulah mengapa ia sudah terbiasa diberikan sebagai asupan nutrisi sejak masih bayi. Hanya saja faktanya memang tidak semua orang bisa mengonsumsi minuman yang satu ini, karena nyatanya ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan intoleransi terhadap senyawa protein susu sapi atau yang dikenal sebagai laktosa.

Kondisi ini membuat mereka yang mengonsumsi produknya akan mengalami beberapa macam gejala, seperti diantaranya adalah diare, perut kembung, mual, muntah bahkan kondisi yang lebih berbahaya lainnya. Sehingga kemudian diberikan pantangan untuk tidak mengonsumsi susu sapi. Hanya saja tidak perlu khawatir karena sebenarnya masih banyak diantara alternatif produk susu lainnya yang dapat dijadikan sebagai pengganti susu sapi tersebut, tentunya tetap aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki intolerensi laktosa.

Diantaranya adalah produk susu rendah laktosa, mungkin banyak yang masih asing dengan jenis susu yang satu ini. ini adalah jenis susu sapi yang sebelumnya sudah diolah terlebih dahulu, yaitu dengan menggunakan teknik hidrolisis, dimana nantinya ia dapat memecah beberapa molekul laktosan menjadi lebih kecil. Ditambahkan dengan keberadaan enzim laktase dan kemudian akan dipasteursasi, kemudian dilanjutkan lagi dengan proses pemecahan laktosa tersebut. Hasil akhir dari proses ini setidaknya akan membuat produk susu tersebut mengandung sekitar 30 persen senyawa laktosa di dalamnya, namun juga ada yang free atau bebas laktosa.

Pada dasarnya memang susu yang satu ini aman untuk beberapa orang yang memiliki intoleransi laktosa. Namun juga ada sebagian diantaranya yang masih tidak aman mengonsumsi, ketika tubuhnya benar-benar tidak memproduksi enzim laktase sama sekali. Berbeda ceritanya dengan kategori orang-orang yang di dalam tubuhnya masih memproduksi enzim laktase namun dalam jumlah yang kecil. Maka ia masih dapat mengonsumsi susu rendah laktosa tersebut..

Selain produk susu rendah laktosa ini sendiri, sebenarnya masih ada beberapa jenis alternatif produk susu yang aman dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami kecenderungan intoleransi laktosa, diantaranya adalah:

  1. Susu almond, yaitu produk susu yang didapatkan dari pengolahan kacang almond, rasanya tidak kalah gurih dan juga kaya akan nutrisi dibandingkan dengan susu sapi. Teksturnya sendiri lebih cair dengan rasa sedikit agak manis. Biasanya ia sering kali ditambahkan dalam susu maupun teh untuk mendapatkan rasa yang kian nikmat, pastinya susu ini aman juga dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa.
  2. Susu kedelai, alternatif lainnya yang juga tidak kalah enak, produk susu nabati yang satu ini mudah sekali dijumpai di pasaran. Ia juga mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi, yaitu sekitar 500 mg dalam satu gelas penyajiannya, jadi bagus sekali untuk kesehatan tulang dan gigi.
  3. Susu oats yaitu produk susu gandum, rasanya lebih manis dan juga terasa begitu ringan di dalam mulut, susu yang satu ini sering kali dijadikan sebagai bahan campuran untuk sereal. Biasanya ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti garam dan juga kurma untuk menghasilkan rasa dan juga tekstur lebih nikmat. Namun kandungan karbo yang ada pada susu ini 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi.

Itulah setidaknya beberapa jenis susu yang aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki intoleransi laktosa, selain produk susu rendah laktosa yang banyak dijual di pasaran.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.