Tips Bagi Bunda Agar Tetap Nyaman Saat Travelling dengan Mengajak Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Pasca melahirkan pastinya wanita akan disibukkan dengan kegiatan baru yaitu mengurus buah hati. Bahkan mungkin banyak diantaranya yang sudah tidak bisa lagi melakukan hal-hal menyenangkan setelah memiliki anak ini, seperti diantaranya adalah travelling. Apalagi jika seandainya buah hati masih kecil atau berusia di bawah 1 tahun. Padahal sebenarnya tidak, selama buah hati tersebut sehat atau kuat sebenarnya tetap bisa diajak travelling jauh. Anda pastinya juga butuh liburan bukan setelah cukup lama di rumah untuk menjalani peran baru sebagai ibu tersebut.

Di usia sekitar 3 bulan ke atas sebenarnya Bunda sudah bisa mulai mengajak buah hati untuk bepergian jarak jauh. Hanya saja agar selama di perjalanan nantinya si kecil tidak rewel. Maka berikut ini diantara tipsnya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Usahakan di kecil memakai topi, sehingga dapat terhindar dari panas matahari dan juga membuat mereka agar tetap nyaman dalam kondisi udara yang dingin.
  2. Bawa serta kotak obat untuk menunjang keperluan medis jika sewaktu-waktu si kecil mengalami kondisi kesehatan yang tidak terduga.
  3. Pastikan untuk mencatat nama dan juga nomor telepon dokter yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, juga daftar obat yang bisa dikonsumsi anak-anak.
  4. Bawalah car seat, ini sangat penting agar nantinya buah hati tetap aman, apalagi ketika sedang transit, mereka juga akan tetap nyaman jika duduk disana.
  5. Hendaknya bayi juga harus selalu ada di kursi belakang selama perjalanan menggunakan mobil. Jangan pernah meletakkan di kursi depan baik itu dengan atau tidaknya keberadaan kantong udara.
  6. Jika seandainya mengajak si kecil bepergian naik pesawat terbang, jika terlihat tanda telinga mereka yakin karena perubahan tekanan udara, maka bukuklah si kecil untuk menyusu atau paling tidak menghisap dot. Namun jika seandainya buah hati Anda tidur dengan tenang, maka biarkan saja.
  7. Jika melakukan travelling atau bepergian ke tempat dengan zona waktu berbeda, maka lakukan antisipasi dengan mulai mengganti jam tidur mereka selama beberapa hari sebelumnya dan juga langsung jemur di bawah sinar matahari setelah sampai ke negara tujuan.
  8. Jika seandainya buah hati sudah mengonsumsi MPASI, maka bawalah selama perjalanan.
  9. Bagi Bunda yang menyusui hendaknya selalu sedia air, agar tidak dehidrasi selama perjalanan, namun jika tidak cukup bawa susu formula dalam jumlah cukup.
  10. Bawa popok, alas dada, pakaian ganti, selimut dan juga mainan secukupnya selama perjalanan.
  11. Jika seandainya buah hati Anda kesulitan untuk tidur selama perjalanan atau travelling maka ajaklah untuk berjalan-jalan, gendong mereka agar nantinya lebih mudah tertidur.
  12. Aturlah waktu tidur si kecil, sebagai orang tua hendaknya Anda juga harus mengatur waktu untuk diri sendiri, apalagi pada saat makan, makanlah lebih dini, kemudian juga susu bayi tepat waktu untuk kenyamanan mereka.
  13. Hendaknya jika harus menginap di hotel, maka pilihlah kamar yang luas dan memiliki ruangan khusus untuk bayi Anda, sehingga keduanya bisa merasa nyaman. Seperti diantaranya adalah dengan memesan kamar suite maupun connection room.

Gampang-gampang susah memang membawa bayi, apalagi yang usianya masih di bawah 1 tahun untuk travelling. Untuk itulah sebaiknya Anda juga berbagi peran dengan pasangan dalam menjaga buah hati selama perjalanan ini, sehingga lelah juga bisa dirasakan bersama.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.