Pantai Teluk Hijau, Surga Tersembunyi di Kota Banyuwangi yang Menyimpan Keindahan Alam yang Menakjubkan

Wisata pantai juga menjadi salah satu obyek wisata andalan bagi kota yang memiliki nama lain Blambangan ini. Salah satu destinasi yang menjadi andalan kali ini adalah Pantai Teluk Hijau atau dikenal dengan sebutan Green Bay. Pantai Teluk Hijau berjarak sekitar 90 km dari pusat Kota Banyuwangi kerah Selatan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa jejeran pohon – pohon hijau dan teduh.

Sesampainya di lokasi maka kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat mempesona berupa air lautnya yang berwarna hijau, pasir nya juga berwarna putih bersih dan lembut. Pantai ini terbilang masih terjaga keasriannya karena belum banyak dijamah oleh tangan – tangan manusia sehingga kondisi di sekitar pantai masih terjaga kebersihannya dan membuat wisatawan yang datang berkunjung ke pantai tersebut merasa betah untuk berlama – lama.

Pantai Teluk Hijau

Lokasi nya yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri menjadi kan Pantai Teluk Hijaumasih dalam satu rangakaian dengan Pantai Pulau Merah dan pantai – pantai selatan lainnya. Tak hanya keindahan air lautnya saja yang berwarna hijau jernih dan hamparan pasir nya yang lembut dan tebal, keindahan alam lainnya yang bisa kamu lihat di sekitar Pantai Teluk Hijau adalah pemandangan batu karangnya yang sangat mempesona. Pasir putih yang hangat, Air laut yang berwarna kehijau hijauan, Batu karang yang eksotis, dan pepohonon yang rimbun membuat pantai ini layaknya Surga Banyuwangi yang tersembunyi

Sebelum sampai ke Pantai Teluk Hijau maka kamu akan menjumpai sebuah pantai yang memiliki keunikan tersendiri yaitu tidak memiliki pasir seperti pantai pada umumnya. Pantai tersebut namanya Pantai Batu yang dimana pantai tersebut dipenuhi dengan bebatuan di sepanjang bibir pantainya. Batu – batu tersebut muncul karena adanya kejadian pasca Tsunami pada tahun 1994. Dar Pantai Batu ini, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter untuk sampai di Pantai Teluk Hijau. Tak jauh dari Pantai Batu terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian 8 meter yang bisa kamu gunakan untuk bermain air atau membilas badan setelah puas berenang di pantai.

Asal Usul Nama Pantai Teluk Hijau

Sesuai dengan namanya, teluk ini terlihat berwarna hijau jika dilihat dari jauh. Ini berbeda dengan kebanyakan teluk atau laut yang biasanya berwarna biru. Warna hijau tersebut karena di perairan dangkalnya terdapat alga yang memantulkan warna hijau di permukaan air nya. Letaknya yang berada di sebuah teluk membuat pantai ini dinamakan dengan Pantai Teluk Hijau. Teluk Hijau, sebagai nama berwarna hijau yang unik. Pasir dan warna air menciptakan lanskap kontras yang menarik. Di sisi barat ada dinding bukit hijau. Ada sebuah pulau kecil batu yang terletak di tengah-tengah air menciptakan nuansa yang lebih eksotis.

Tiket Masuk Pantai Teluk Hijau

Jika anda memang berniat ingin berkunjung ke pantai ini beramai-ramai bersama keluarga maupun kerabat, anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket nya. Karena harga tiket masuk ke pantai ini sangatlah ramah, yaitu hanya Rp.7.500 / orang. Note: Harga tersebut dapat berubah sewaktu waktu

Lokasi / Alamat Pantai Teluk Hijau

Teluk Hijau terletak di Pantai Selatan Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sarongan. Jarak dari pusat kota Banyuwangi ke Teluk Hijau kurang lebih 90 km. Dan pantai ini masih satu jalur dengan Pantai Pulau Merah, tepatnya berada di sebelah barat Pantai Pulau Merah.

Rute menuju Pantai Teluk Hijau

Untuk menuju Teluk Hijau maka kamu harus menuju ke Rajegwesi terlebih dahulu, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun menyewa kendaraan berjenis trooper/jeep. Untuk transportasi umum menuju Rajegwesi saat ini belum ada. Rute yang harus di tempuh yaitu; Kec. Jajag => Kec. Pesanggaran => Desa. Sarongan => Teluk Hijau. Jalan menuju Teluk Hijau agak sedikit sulit, hal itu dikarenakan jalan setapak yang sedikit curam dan dipenuhi bebatuan. Setelah anda memparkir kendaraan, anda harus berjalan kurang lebih 1 KM menuju lokasi pantai. Meskipun jalur pejalan kaki menuju pantai sedikit menantang, namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan anda tersebut.

Share this:

Leave a comment