Menikmati Wisata Murah Meriah di Hutan Bambu Sumbermujur Lumajang Sambil Menikmati Pemandangan Alam Gunung Semeru

Di kawasan Jawa Timur memang memiliki banyak sekali pilihan obyek wisata menarik yang sering kali dijadikan sebagai tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara, untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Karena ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi, termasuk diantaranya adalah dari segi keindahan alamnya. Bagi Anda yang memiliki hobby di dalam mendaki atau hiking, maka bisa menyusuri keindahan Gunung Bromo yang dikenal dengan lautan pasirnya, atau mungkin juga menjelajah ke salah satu puncak tertinggi yang ada di Jawa Timur yaitu Gunung Semeru.

Gunung yang satu ini berada di kawasan Kabupaten Malang dan juga Lumajang, memiliki keindahan yang tidak perlu diragukan lagi, apalagi ia juga termasuk salah satu gunung api yang masih aktif di pulau Jawa. Di antara perjalanan menuju ke gunung tersebut nantinya Anda juga masih akan dimanjakan dengan keindahan alam lainnya, seperti danau Ranu Kumbolo, lereng bukit yang ditumbuhi dengan hamparan bunga Edelweis dan juga jajaran hutan pinus yang akan memanjakan mata Anda.

Selain itu nyatanya juga masih ada destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik yang lainnya yang bisa Anda jumpai di sekitar kawasan ini, termasuk diantaranya adalah Hutan Bambu yang berada di Desa Sumbermujur, Candipuro, Kabupaten Lumajang. Pengelolaan wisata yang satu ini memang patut dijadikan sebagai percontohan desa wisata. Tepatnya berada di bawah kaki Gunung Semeru, sehingga nantinya wisatawan yang datang kesini juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang benar-benar indah, ditambah suhu udaranya yang masih dingin.

Wisata Hutan Bambu Sumbermujur ini berbatasan secara langsung dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, bahkan untuk akses jalan menuju ke kawasan yang satu ini juga sangatlah bagus dan mudah untuk dilalui. Baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat bisa masuk dan diparkirkan disini. Dari Jalan Raya utama memang masih masuk lagi sekitar 15 Km, namun perjalanan Anda nantinya akan terbayarkan dengan apa yang dilihat, pemandangan indah dan masih asri.

Nyatanya juga ada banyak sekali diantara daya tarik yang ditawarkan oleh obyek wisata ini, diantaranya adalah:

  1. Hutan bambu, seperti namanya daya tarik utama adalah terletak pada hutan bambu yang masih hijau, nantinya wisatawan yang datang bisa mendapatkan edukasi terkait dengan pohon yang satu ini. setidaknya terdapat 18 jenis bambu yang ada disini.
  2. Kolam renang, disini juga disediakan sebuah kolam renang, dimana nantinya nisa dipakai oleh anak-anak untuk bermain air, menariknya lagi air yang ada di dalam kolam renang tersebut berasal dari mata air langsung yang berasal dari Sumber Deling, sehingga sangat jernih dan juga segar.
  3. Tersedia juga tempat untuk istirahat, sedangkan untuk Anda yang lelah dari perjalanan jarak jauh maka tidak perlu khawatir, karena disini juga disediakan tempat duduk di bawah pohon bambu, sehingga terasa nyaman dan sejuk.

Pengelolaan Hutan Bambu ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 1972 melalui keberadaan dari Kelompok Pelestarian Sumber Alam. Setelah itu baru dibentuk Pokdarwis atau yang dikenal sebagai kelompok Sadar Wisata pada tahun 2014. Sekitar tahun 2016 perintah dari Desa Sumbermujur ini mengeluarkan dana setidaknya adalah 400 juta rupiah untuk mengelola atau menata kawasan wisata tersebut hingga sampai sekarang ini banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan wisatawan yang datang tak hanya dari dalam Lumajang saja, melainkan juga dari luar Lumajang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.