Lima Pulau Indonesia yang Keindahan Alamnya Wajib Untuk Dieksplorasi

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali keindahan alam yang tak terhingga mulai dari Sabang hingga Merauke yang belum banyak kita ketahui. Dengan membentuk negara kepulauan tentunya banyak sekali wisata pulau yang bisa untuk dikunjungi. Tak hanya Pulau Bali dan Pulau Lombok saja, namun juga masih ada beberapa pulau di Indonesia yang menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dan tentunya wajib untuk di eksplorasi. Nah, mau tahu pulau apa saja yang ada di Indonesia dengan menyuguhkan keindahan alam yang mempesona? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini merupakan habitat asli dari Komodo, sekitar 2.500 Komodo hidup di pulau ini. Selain Komodo, di pulau ini juga memiliki kekayaan flora yang beraneka ragam seperti kayu sepang yang digunakan oleh warga sekitar sebagai pewarna pakaian ataupun pohon nitak yang dipercaya sebagai obat yang bijinya gurih dan enak seperti kacang polong. Dan Pulau ini juga memiliki kekhasan tersendiri dengan savana dan keindahan alam bawah lautnya, di pulau ini banyak hal yang bisa kamu nikmati antara lain, jika kamu hobi hiking di sini tempat yang paling tepat untuk hobi kamu seperti camping atau hanya sekedar mengamati satwa yang ada di sana. Sedangkan untuk wisata airnya banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti memancing, diving, snorkling, kano atau hanya berkeliling dengan menggunakan sampan. Pulau Komodo sangat tepat bagi kamu yang menyukai wisata alam.

2. Pulau Derawan

Kepulauan Derawan merupakan sebuah gugusan pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan atau tepatnya berada di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau Derawan merupakan sebuah tempat wisata yang layak disebut sebagai “surga dunia” karena menghadirkan sebuah keindahan panorama alam baik di atas laut maupun di dalam lautnya yang sungguh mengagumkan.Dari atas laut, Pulau Derawan menyajikan sebuah hamparan permukaan air laut yang berwarna gradasi biru dan hijau, hamparan pasir putih, barisan pohon kelapa berjejer indah di pesisir pantai dan rumah – rumah sederhana yang menjadi penginapan yang menjorok ketengah laut hampir 100 meter yang membuat wisatawan dapat menikmati beraneka ikan warna – warni dan penyu yang berlalu lalang secara bebas dibawah tempat menginap kamu.

3. Pulau Seram

Selain itu di  Provinsi Maluku juga terdapat tempat wisata cantik yang bisa kamu kunjungi yaitu Pulau Seram. Pulau ini memiliki luas 18.625 km persegi dan menjadi salah satu pulau terbesar di Maluku. Di balik asal – usulnya yang misterius, hingga kini Pulau Seram masih menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia. Misalnya saja wisatawan dapat berkunjung ke Teluk Saleman yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

4. Kabupaten Pulau Morotai

Letaknya yang sangat strategis menjadikan Pulau Morotai di Provinsi Maluku Utara sebagai salah satu pulau terdepan yang masuk dalam jajaran pulau yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik membuat Pulau Morotai dijadikan sebagai pulau istimewa dan masuk sebagai pulau terdepan utama yang ditawarkan kepada investor untuk dikembangkan. ulau ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Luasnya hanya 1.800 kilometer persegi, namun seperti banyak orang bilang, Morotai keindahannya menggigit. Morotai memang banyak menyimpan pesona. Pesona bawah laut, pesona kepulauan, dan pesona sejarahnya yang kuat.

5. Pulau Wakatobi

Wisata di Wakatobi Indonesia Inilah pulau yang akan membuat anda bangga akan keindahan alamnya, kekayaan alam yang sangat bertebaran di seluruh Indonesia ini sangat banyak yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata dan memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya keindahan alam bawah laut yang menjadi ciri khas tersendiri Pulau Wakatobi di Indonesia yang memukau mata dunia banyak mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Wakatobi adalah pulau yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.
Share this:

Leave a comment