Lima Coban di Kota Batu Menyuguhkan Spot Foto Selfie yang Instagramable Banget

Selain Bandung dan  Yogyakarta, destinasi wisata di Malang Raya juga cukup terkenal di Indonesia. Malang Raya terbagi menjadi tiga kawasan yakni Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat Malang memiliki suhu yang sejuk dan suasana nya yang masih asri. Tak heran jika banyak wisatawan memilih Malang Raya sebagai salah satu tujuan wisata saat akhir pekan atau hari libur tiba. Nah, berikut ada beberapa destinasi wisata alam di Malang yang wajib banget untuk dikunjungi. Yuk simak ulasannya!

1. Coban Rais

Coban Rais berada di Dusun Dresel, Desa Oro – Oro Ombo, Kota Batu, Jawa timur. Untuk sampai kesini, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit dari pusat Kota Batu. Disini kamu bisa melihat keindahan alam berupa air terjun yang menyejukkan mata serta beberapa spot foto selfie kekinian. Diantaranya adalah : Bukit Bulu, Batu Flower Garden hingga yang paling baru, yaitu spot selfie Rumah Hobbit. Untuk tiket masuk ke obyek wisata ini cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 7.500 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Jika ingin berkunjung ke Bukit Bulu, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per orangnya dan Rp 10 ribu untuk berfoto di spot selfie. Tiket masuk Batu Flower Garden Rp25.000/orang dan tiket masuk menuju Rumah Hobbit Rp Rp25.000/orang.

2. Coban Parang Tejo

Lokasinya berada di Dusun Princi Desa Gading Kulon, Kecamatan Kucur, Malang, Jawa Timur. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 48 menit dari pusat Kota Malang untuk bisa sampai ke destinasi wisata yang satu ini. Sama halnya seperti Coban Rais, Coban Parang Tejo juga menyuguhkan destinasi wisata alam berupa air terjun. Untuk masuk ke obyek wisata yang satu ini, kamu cukup membayar Rp 15 ribu per orang dan biaya tersebut sudah termasuk untuk biaya foto di spot selfie yang tersedia.

3. Coban Bidadari

Coban Bidadari  merupakan wisata air terjun yang sudah ada sejak lama, hanya saja belum lama ini sedang viral di sosial media. Tak hanya suguhan air terjunnya saja yang mempesona, namun adanya berbagai spot foto selfie yang keren menambah daya tarik tersendiri. Coban Bidadari ini termasuk ke dalam destinasi wisata baru yang memiliki beragam spot foto selfie yang keren dan Instagramable banget! Beberapa spot foto selfie yang unik – unik seperti rumah pohon, sayap burung, sarang burung raksasa, bunga matahari, rumah kelinci, dan lain sebagainya. Coban Bidadari berlokasi di Desa Gubuklakah, Kecamatan Poncokusumo, Malang, Jawa Timur.  Untuk bisa masuk ke Coban Bidadari, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang dan Rp 5.000 untuk biaya parkir.

4. Coban Watu Ondo

Coban Watu Ondo atau nama lain Coban Kembar berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo di bawah lereng Gunung Welirang yang berbatasan langsung antara Mojokerto dan Batu. Nama Watu Ondo diambil karena sepanjang jalan turunan menuju sumber air terjun ini sudah berupa anak tangga yang terbuat dari susunan batu-batu. Atau juga disebut Coban Kembar karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berhadapan namun dengan ketinggian yang berbeda. Disebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian ± 69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh ke bawah. Kedua air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda. Dan selanjutnya alirannya bertemu di satu telaga kecil dan cukup dangkal.

5. Coban Putri

Lokasi Coban Putri di Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Hanya saja belakangan ini mulai menghiasi lini masa media sosial setelah dilengkapi dengan beberapa spot foto yang instagenic. Salah satu yang kerap muncul di feeds Instagram adalah spot tangan raksasa yang mirip dengan Hutan Pinus Pengger di Jogja. Para pengunjung bisa berfoto diatas spot tangan raksasa yang terbuat dari kayu dan akar akar tersebut. Background pegunungan nan hijau semakin membuat kece hasil fotomu. Meskipun belum setenar dan sepopuler dengan beberapa air terjun di Batu seperti Coban Rais atau Coban Talun, perlahan tapi pasti coban putri di batu ini mulai dilirik para travellers. Air terjun atau coban putri ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan lebar 3 meter. Pemandangan indah disekitarnya cukup membuat mata menjadi fresh kembali. Suara gemercik air ditambah dengan kicauan burung membuat pikiran jadi tenang.