Ingin Mendaki Gunung Saat Liburan Akhir Tahun? Kesini Aja Yuk!

Kegiatan mendaki gunung memang sangat diminati oleh banyak orang bahkan bisa dibilang menjadi salah satu hobi yang sedang digandrungi. Mendaki gunung adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun baik itu laki – laki, perempuan, anak – anak, orangtua dan manula sekalipun dapat melakukan kegiatan yang satu ini. Tentu saja untuk mendaki gunung butuh persiapan khusus apalagi paradigma mendaki gunung adalah bermain di alam bebas.

Namun ketika sesampainya di puncak tertinggi maka kamu dapat menyaksikan keindahan alam yang sangat mempesona. Salah satu gunung yang bisa dijadikan sebagai spot pendakian adalah Gunung Ungaran yang lokasinya berada di Kabupaten Semarang. Gunung Ungaran ini memiliki ketinggian 2050 mdpl dan sangat cocok dijadikan spot pendakian untuk para pendaki pemula yang ingin lebih jauh mengenal dunia pendakian.

cam01225-1

Sebagai puncak tertinggi di Kabupaten Semarang, Gunung Ungaran ini kerap dipenuhi oleh para pendaki apalagi jika akhir pekan tiba. Untuk mencapai puncak Ungaran terdiri dari beberapa jalur pendakian dan jalur pendakian utama melalui Basecamp Mawar. Pendakian di Gunung Ungaran sendiri memakan waktu kurang lebih 3 – 5 jam tergantung kecepatan kita dalam mendaki. Jalur Promasan via Basecamp Mawar memang menjadi salah satu pilihan jika ingin mencapai puncak Gunung Ungaran. Jalur ini bisa ditempuh melalui dua jalan yakni via Sidomukti dan Gedong Songo. Untuk Sidomukti dicapai dari arah Semarang menuju kawasan Bandungan lalu mengambil ke arah kawasan wisata Sidomukti. Basecamp Mawar berlokasi tidak jauh dari wisata Umbul Sidomukti.

dsc00662rs

Selain melewati jalur Basecamp Mawar, jalur lain yang bisa ditempuh yaitu melalui jalur via Medini. Jalur ini lokasinya berada di sebelah utara Gunung Ungaran dan melewati perkemahan Gonoharjo, Boja, Kabupaten Kendal. Salah satu pendaki menuturkan jika ia lebih memilih waktu pendakian pada malam hari meskipun gelap namun ia tetap memilih malam. Alasannya karena selain menghindari terik Matahari, pendakian malam dilakukan untuk menikmati sunrise dari puncak tertinggi. Jika kamu memilih pendakian di malam hari maka berbagai persiapan harus dipersiapkan secara lengkap mulai dari lampu senter karena minimnya cahaya.

imag0767

Trek pendakian di Gunung Ungaran pun terbilang cukup ringan dan tidak terlalu sulit namun kamu akan menemui medan terjal ketika menjelang Puncak Gunung. Sedikit membutuhkan tenaga ekstra untuk melewati beberapa bebatuan yang curam. Waktu terbaik jika ingin mendaki Gunung Ungaran di malam hari adalah sebelum pukul 24.00 WIB dan perkiraan sampai di puncak sekitar pukul 04.00 pagi. Sebelum menikmati keindahan sunrise maka bisa kamu pergunakan untuk santai sejenak dengan mendirikan tenda. Meskipun lokasinya berada di puncak, namun banyak juga pendak – pendaki lainnya yang juga mendirikan tenda. Biasanya jejeran – jejeran tenda terlihat ramai pada saat menjelang sunrise.

gunung-ungaran

Sekitar pukul 05.00, semburat cahaya Matahari terbit terlihat, para pendaki berlomba mengeluarkan aksesori yang tidak pernah tertinggal jika hendak mendaki Gunung, kamera. Mereka berpose dengan latar belakang cahaya sunrise menggunakan gayanya masing – masing, seperti memegang secarik kertas bertuliskan pesan atau sambil melompat bersama. Selain menikmati keindahan sunrise, dari sini pemandangan Semarang juga bisa disaksikan seutuhnya. Dihiasi dengan gugusan Gunung Telomoyo, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing yang indah berjajar. Untuk mendaki puncak Ungaran, dikenai biaya masuk sebesar Rp 5 ribu dan biaya menitipkan motor di basecamp mawar Rp 3.000.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.