Dieng, Destinasi Wisata yang Berada di Ketinggian dan Sangat Mudah Untuk Ditemukan

Sebagai warga Indonesia tentunya kita harus sangat percaya diri dengan keadaan wisata yang ada di Indonesia dan akan menjadikan kita lebih mudah dalam mendapatkan kebahagiaan dalam berwisata. Indonesia memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang hampir semuanya merupakan tempat wisata yang bisa dibilang merupakan sekelas dunia yang sangat wajib sekali untuk kita coba. Tidak perlu pergi ke luar negeri untuk bisa menyaksikan matahari terbit yang sangat indah karena di Indonesia kita bisa melihatnya di banyak tempat.

Dieng merupakan salah satu tempat wisata yang tidak bisa kita lepaskan dari Indonesia. Dataran tertinggi di Pulau Jawa ini memang menjadi salah satu objek wisata yang sangat terkenal dan juga sangat mudah untuk ditemukan. Selain itu memang objek ini bisa membuat kita merasa sangat bahagia berada di kawasan yang dingin ini. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kita temukan di Dieng dan akan membuat kita sangat terkagum dengan Indonesia.

Pesona Alam Dieng

Banyak orang yang tidak bisa berkata – kata lagi setelah melihat adanya matahari terbit dari Dieng yang sangat indah dan juga udara sejuk yang menyambut matahari ini akan membuat kita semakin betah berlama – lama. Selain itu Dieng juga menjadi pusat wisata di kawasan Wonosobo yang pastinya juga sangat bagus sekali bagi kondisi perekonomian di kawasan tersebut. Banyak penelitian yang dilakukan di Dieng karena menurut banyak peneliti, lokasi ini merupakan laboratorium raksasa yang bisa menjadi pusat penelitian.

Seorang peneliti asal Bandung bernama Priatna yang merupakan calon doktor dari Universitas Padjajaran Bandung, baru – baru ini datang ke Dieng dan melakukan sebuah penelitian disana. Latar belakang mengapa ia meneliti adalah karena ia berlandaskan dengan kejadian yang pernah terjadi di Dieng pada tahun 1971 dimana banyak warga yang tewas akibat menghirup gas beracun di kawasan tersebut. Peneliti ini mengatakan bahwa Dieng memiliki potensi wisata yang sangat baik dan sangat harus untuk dikembangkan.

Tempat Wisata Kelas Dunia

Menurut peneliti asal Bandung tersebut, kawasan Dieng sangat cocok sekali dijadikan kawasan Geopark kelas dunia karena potensi yang dimiliki oleh Dieng. Saat ini memang di Indonesia baru ada 2 Geopark yang ada di Gunung Batur Bali dan juga yang ada di Gunung Sewu Jogjakarta. Bahkan peneliti ini sudah mendatangi kantor setempat yang bisa membantu dalam mencanangkan dieng sebagai taman kelas internasional ini. Tentu saja langkah ini disambut dengan baik oleh pemerintah setempat dan akan dibantu untuk mewujudkannya.

Jika Dieng berhasil mendapatkan status Geopark dari UNESCO maka ini merupakan sebuah hal yang sangat baik karena ini akan mendatangkan banyak sekali wisatawan yang akan datang ke Dieng tidak hanya dari dalam negeri melainkan juga dari luar negeri. Begitu juga dengan pendapatan daerah yang pastinya akan semakin bertambah karena ekonomi warga sekitar akan turut ikut terbantu dengan adanya hal itu. Di Dieng kita memang bisa menemukan beberapa tempat wisata seperti adanya kompleks Candi yang ada di Dieng dan juga adanya beberapa kawah yang akan membuat kita takjub dengan alam. Selain itu ada juga sebuah teater pertunjukan yang akan membuat kita melihat banyak sekali tayangan mengenai alam yang ada di Dieng dan juga mengenai kejadian yang pernah terjadi pada tahun 1971. Tentu saja ini akan menjadi sebuah potensi wisata yang sangat baik.

Share this:

Leave a comment