Selain Kawasan Puncak, Destinasi Wisata Alam Berikut Bisa Kamu Kunjungi Ketika Berlibur di Bogor

Kota Bogor meskipun terkenal degan julukan Kota Hujan namun siapa sangka justru kota yang satu ini memiliki destinasi wisata alam yang indah dan mempesona. Tak heran jika Kota Bogor dijadikan sebagai salah satu kota tujuan ketika hari libur tiba untuk melepaskan penat setelah sepekan beraktivitas di kantor. Bogor merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat dan merupakan salah satu kawasan dataran tinggi. Salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal di Bogor adalah kawasan Puncak yang dimana setiap akhir pekan menjadi salah satu tujuan untuk berlibur. Selain puncak, ada juga destinasi wisata alam lainnya yang bisa untuk kamu kunjungi seperti gunung atau perbukitan.

Nah untuk kamu yang memiliki hobi mendaki, di Bogor juga terdapat banyak spot – spot pendakian yang bisa dijadikan pilihan. Berikut diantaranya:

1. Gunung Batu

Gunung Batu merupakan salah satu gunung yang berada di daerah Jonggol tepatnya di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Gunung Batu ini memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl atau hanya sekitar 200 meter dari titik awal pendakian. Bagi sebagian orang, nama Gunung Batu mungkin sudah tak asing lagi di telinga terutama untuk kamu yang memiliki hobi mendaki gunung. Spot mendaki ini sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali mendaki karena ketinggiannya di bawah 1.000 mdpl.

Meskipun ketinggian nya di bawah 1.000 mdpl namun trek menuju gunung ini terbilang cukup ekstrim. Jadi untuk kamu yang berencana mendaki gunung ini ada baiknya tetap berhati – hati dan waspada. Sesampainya di puncak gunung, kamu akan melihat keindahan alam sekitar yang sangat memukau dan tentunya tak kalah indah nya dengan gunung – gunung lainnya. Di Gunung Batu juga kamu bisa melihat pesona sunrise yang sangat menawan.

2. Puncak Lalana

Puncak Lalana merupakan Puncak dari Gunung Kapur yang terletak di 17 km sebelah barat Kota Bogor tepatnya di Jalan Raya Cibadak Ashsibiyan Rt 004 Rw 007, Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Bogor. Desa ini lokasinya berada tepat di kaki gunung dan dimana banyak banget tumbuh pohon jati dan banyak tambang batu kapur. Mungkin banyak yang belum tahu keberadaan gunung yang ketinggiannya kurang dari 500 mdpl ini. Bisa dibilang gunung satu ini sama dengan seperti Gunung Munara yang berada di daerah Rumpin, Bogor. Untuk mencapai ke puncak, cukup memerlukan waktu sekitar 1 jam saja. Gunung Kapur ini memiliki bentuk seperti bukit yang memanjang dari barat ke timur, seakan menjadi salah satu ikon tersendiri buat kawasan Ciampea. Sesampainya di atas Puncak Lalana, kita akan melihat keindahan Kota Bogor dari ketinggian bahkan jika cuaca lagi cerah kita bisa melihat Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak.

3. Puncak Galau

Selain Puncak Lalana ada juga Puncak Galau yang bisa kamu temukan ketika mendaki Gunung Kapur. Puncak Galau ini lokasinya berada di Kampung Reuma, Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Namanya yang unik membuat puncak ini menjadi akrab di telinga para pendaki di Bogor. Sesuai dengan namanya yaitu Puncak Galau,  tempat ini konon selalu dijadikan tempat untuk menenangkan diri di kala sedang bersedih atau ” galau “. Puncak Galau memiliki ketinggian sekitar 354 mdpl dan untuk menuju ke puncak tersebut tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga. Tak hanya bagi mereka yang sedang galau atau sedang patah hati, Puncak Galau tentu cocok untuk mengistirahatkan diri dari rutinitas sehari-hari. Puncak Galau sangat cocok dan tidak terlalu ekstrem dengan tempat kemah cukup luas. Puncak Galau banyak didaki oleh muda-mudi yang penasaran dengan ketenarannya.

4. Gunung Eusing

Gunung Eusing terletak di Dsa. Gobang, Kec. Rumpin, Kab. Bogor dan memiliki ketinggian sekitar 360 mdpl. Gunung Eusing sebenarnya sebuah bukit, tapi penduduk setempat sudah terbiasa menyebutnya gunung. Dengan ketinggian yang demikian, gunung ini cocok sekali untuk kamu pendaki pemula. Bisa dibilang, Gunung Eusing merupakan spot baru di Bogor. Mulanya spot ini adalah perkebunan milik warga setempat. Karena view-nya yang ciamik, akhirnya dicoverlah sebagai destinasi wisata. Oh iya, kalau kamu ingin camping, minta ijin dulu pada warga setempat ya!

5. Bukit Alesano

Bukit Alesano ini lokasinya berada di kawasan perkebunan dan peternakan warga yang berada di kawasan kaki Gunung Salak. Lokasi tepatnya berada di Desa Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Dari bukit ini, para wisatawan yang berkunjung dapat melihat keindahan Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Jika malam tiba, pemandangan yang disuguhkan pun tak kalah menariknya yaitu kamu bisa menikmati keindahan panorama lampu – lampu kota Bogor dari ketinggian. Bukit Alesano termasuk lokasi wisata yang masih terbilang baru sehingga jika kamu memiliki rencana untuk berkemah di sini maka kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada warga setempat.

6. Gunung Munara

Gunung Munara terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin dan merupakan sebuah obyek wisata alam yang sangat indah dan menarik karena menawarkan suasana pegunungan serta pemandangan yang sangat indah dan menarik. Gunung Munara ini memiliki ketinggian sekitar 1119 mdpl. Untuk mencapai puncak, ada beberapa jalur pendakian yang membuatmu harus ekstra hati – hati. Beruntunglah kamu memutuskan untuk camping di gunung yang satu ini, sebab sunrise di sini benar – benar cantik sekali. Buat kamu pecandu sunrise dan pecandu kabut, akan sangat sayang sekali bila melewatkan moment ini. Fasilitas yang tersedia di tempat ini sangat lengkap, terdapat area parkir, musholla, warung, toilet umum, dan pedagang.

Share this:

Leave a comment