Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki Pada Sepatu Anda

Bau kaki merupakan hal yang pastinya tidak diinginkan oleh setiap orang bukan. Karena memang aroma yang kurang sedap tersebut pastinya sangatlah menganggu Anda. Mengurangi rasa percaya diri juga, apalagi jika seandainya sedang berkumpul dengan banyak orang. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor. Salah satu diantaranya adalah alas kaki yang Anda gunakan. Diantaranya adalah dalam sepatu, bau dari sepatu ini terjadi karena adanya bakteri yang berinteraksi dengan keringat Anda.

Bagi Anda yang memang terbiasa melakukan aktivitas fisik yang cukup tinggi, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya hal ini akan memicu keringat yang diproduksi oleh tubuh juga semakin banyak. Termasuk yang ada di telapak kaki. Belum lagi ditambah dengan kondisi yang lembab juga hangat, sangat tepat untuk bakteri berkembang di dalamnya. Bahkan bagi orang-orang yang juga tidak terbiasa menjaga kebersihan, seperti jarang mengganti kaos kaki yang digunakan, akan menyebabkan aroma yang menyengat.

Berikut ini diantaranya cara menghilangkan bau sepatu tersebut, yaitu:

  1. Jemur sepatu, biasakan untuk mengeringkan sepatu Anda secara rutin di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan agar kondisi sepatu tersebut tidak lembab dan mencegah terjadinya perkembangbiakan bakteri yang ada di dalamnya. Namun jika kondisi sepatu tidak begitu lembab maka cukup dengan diangin-anginkan saja, karena untuk beberapa jenis sepatu layaknya sepatu kulit, tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung karena bisa merusak materialnya, sehingga cukup diangin-anginkan saja.
  2. Cucilah secara rutin, untuk beberapa jenis sepatu yang memang bahannya dapat dicuci, hendaknya Anda juga harus rutin di dalam mencucinya. Jadi bacalah petunjuk perawatan sepatu tersebut untuk mengetahui apakah bisa dicuci ataukah tidak. Karena memang beberapa jenis sepatu aman terkena air, bahkan juga bisa dicuci dengan memakai mesin cuci.
  3. Taburi sepatu menggunakan bubuk yang dapat menyerap bau, diantara bubuk yang dapat digunakan untuk menyerap bau tersebut adalah soda kue. Tidak perlu banyak, cukup sedikit saja letakkan di bagian dalam sepatu kemudian biarkan selama semalaman. Bahkan yang satu ini aktif di dalam menyerap aroma yang tidak sedap.
  4. Gunakan koran, koran ini ternyata juga efektif untuk menyerap aroma yang tidak sedap dari sepatu tersebut. Caranya adalah dengan membuat gumpalan dari bahan koran tersebut, kemudian masukkan dalam sepatu. Biarkan saja sampai nantinya sepatu akan digunakan maka bisa Anda keluarkan, koran ini selain dapat menyerap aroma tidak sedap dari sepatu, maka juga bisa menjaga bentuknya agar tetap bagus.
  5. Gunakan produk yang dapat menghilangkan aroma sepatu, ada banyak sekali semprotan penghilang bau yang bisa Anda jumpai di pasaran, diantara fungsinya adalah untuk mengatasi bau pada sepatu, cukup di semprotkan ke bagian dalamnya saja.
  6. Tambahkan bahan pewangi layaknya minyak esensial pada sol sepatu tersebut agar tetap wangi.
  7. Gantilah sol sepatu Anda secara rutin, pilihlah bahan yang anti jamur.

Patut diketahui juga untuk mencegah atau menghambat bau yang dikeluarkan oleh sepatu tersebut maka ada rotasi pemakaian dan juga waktu istirahat. Hendaknya juga sering-seringlah mengganti kaos kaki, tidak lebih dari sehari agar tidak bau. Gunakan juga bedak khusus kaki pada bagian sela-sela jari sebelum Anda mengenakan sepatu tersebut agar tidak bau. Mudah bukan, cobalah untuk menerapkan cara di atas agar terhindar dari bau sepatu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.