Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung Gede Pangrango

Bagi kamu yang memiliki hobi mendaki gunung atau pecinta alam, tentunya sudah tak asing lagi ketika mendengar salah satu gunung yang ada di Propinsi Jawa Barat ini yaitu Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede Pangrango berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Tujuan didirikannya Taman Nasional Gunung Pangrango (TNGP) adalah untuk melindungi dan mengupayakan konservasi ekosistem dan flora pegunungan di Jawa Barat.

Sebenarnya Gunung Gede dan Gunung Pangrango merupakan dua gunung yang berbeda yang dimana  puncak Gede memiliki ketinggiannya sekitar 2.958 mdpl dan Puncak Pangrango dengan ketinggian 3.019 mdpl dan terhubung melalui perantara Kandang Badak di ketinggian 2.393 mdpl. Gunung yang sudah diresmikan sejak tahun 1980 memiliki kondisi alam yang cukup unik dan memiliki karakter tersendiri maka tak heran jika kawasan Gunung Gede Pangrango sering dijadikan sebagai tempat penelitian oleh para peneliti. Tak hanya unik saja, namun gunung ini juga memiliki keindahan alam yang mempesona dan keragaman ekosistem seperti Savana, Sub Alpin, Montana, Sub Montana, Rawa dan Danau.

Sub Montana bisa kamu temukan saat memasuki kawasan TNGP  yang dimana campuran antara vegetasi hutan dataran rendah dan hutan pegunungan. Sub Alpin hanya terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan pohon – pohon kerdil, rapat dengan batang pohon yang kecil, dan lantai hutan dengan tumbuhan bawah yang jarang. Tak hanya terdapat flora saja, namun di kawasan tersebut kamu dapat menemukan berbagai macam fauna seperti burung yang dimana dari 450 jenis burung yang ada di Pulau Jawa, 251 jenisnya terdapat di Gunung Gede. Aneka ragam burung langka pun bisa kamu temukan di kawasan ini seperti Burung Hantu dan Burung Elang.

Peraturan Mendaki Gunung Gede Pangrango

Nah, untuk kamu yang memiliki rencana ingin mendaki Gunung Gede Pangrango di akhir pekan ini maka tak ada salahnya perhatikan beberapa peraturan yang perlu kamu patuhi. Sehingga nantinya perjalanan kamu selama mendaki gunung tak akan mengalami kendala. Berikut beberapa peraturannya yang harus kamu taati ketika mendaki ke Puncak Gunung Gede Pangrango, diantaranya adalah:

  • Pendaki diwajibkan melapor ke petugas pintu masuk dan pintu keluar
  • Dilarang memberi makan kepada satwa
  • Dilarang membawa binatang atau menanam tumbuhan ke lokasi
  • Dilarang berjalan di luar jalur yang telah ditetapkan
  • Dilarang melakukan hal yang berpotensi menyulut api
  • Dilarang merusak / memetik tanaman yang ada di lokasi
  • Di larang membawa alat musik dan radio
  • Dilarang membuang sampah sembarangan
  • Di larang mencorat coret sarana dan prasarana yang terdapat di lokasi

Lokasi Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango terletak di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Namun ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu lewati seperti lewat Cibodas, Gunung Putri, atau Selabintana. Sebelum melakukan pendakian, dipastikan kamu memiliki kondisi badan yang fit agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.1

Share this:

Leave a comment