Ban Mobil Tiba-tiba Bocor? Jangan Panik, Simak Tips Mengatasinya di Bawah Ini!

Saat bepergian naik mobil tentu ada resiko ban tiba-tiba bocor. Tentunya kamu akan semakin panik ketika mengemudi sendirian, maka masalah ban bocor wajib diurus sendirian pula. Bagi perempuan biasanya langsung panik dan bahkan ada yang sampai menangis saking takutnya berhenti di tempat asing dan sendirian. Namun, usahakan untuk berpikir positif dan sebelum membawa mobil kemana-mana persiapkan diri dengan resiko satu ini

Persiapan Mengantisipasi Ban Bocor

Resiko ban bocor memang kerap dialami oleh pengemudi mobil maka siapa saja dianjurkan untuk punya persiapan. Adapun persiapan yang bisa dilakukan adalah:

  • Membawa ban cadangan, sebelum keluar dari garasi cek dulu ban cadangan sudah ada di dalam mobil.
  • Membawa peralatan untuk mengganti ban bocor mulai kunci roda dan dongkrak sebagai penyangga badan mobil.
  • Memahami buku pertunjukan memang ban cadangan, kalau tidak tahu percuma peralatannya sudah dibawa.

Ban yang bocor baiknya segera diganti, dan termasuk perbaikan yang lebih mudah ketimbang kerusakan di bagian mobil lainnya. baik pengemudi perempuan maupun laki-laki dijamin tidak akan mendapati kesulitan berarti asalkan sudah pernah melihat atau melakukan ganti ban sendiri. Paling repot adalah kalangan perempuan sebab mengganti ban juga butuh tenaga, umumnya tenaga mereka kalah dengan pengemudi pria. Daripada salah ada bijaknya meminta tolong pada orang yang lewat.

Kiat Mengganti Ban Mobil

Untuk mempermudah mengganti ban yang bocor dengan ban cadangan yang masih normal, maka perhatikan kiat-kiat berikut ini:

  • Buka kunci ban menggunakan kunci roda, setiap ban terpasang ke kerangka mobil dengan bantuan beberapa baut. Baiknya dilepaskan dulu memakai kunci roda atau kunci lain yang memiliki diameter lubang yang sama dengan baut pada ban. Sehingga ban lebih longgar dan mudah dilepaskan dari tempatnya menempel untuk kemudian diganti dengan ban cadangan yang masih normal.
  • Memasang dongkrak, usai baut atau pengunci ban dibuka semua maka langkah selanjutnya adalah memasang dongkrak. Umumnya mobil dilengkapi dengan dongkrak portable yang berukuran lebih kecil namun sangat fungsional untuk kondisi darurat seperti sekarang. Dongkrak ini membantu menahan dan mengangkat badan mobil untuk mempermudah penggantian ban.
  • Mengambil bank bocor, langkah selanjutnya adalah mengambil ban yang bocor tadi dengan cara ditarik, biasanya butuh tenaga lebih. Setelah lepas, maka pasang ban cadangan seperti posisi ban yang bocor tadi kemudian tekan sampai posisinya pas. Pasang kembali baut-baut yang mengunci posisi ban pada kerangka mobil memakai kunci roda. Setelah dirasakan terpasang pas dan tidak kendur maka bereskan peralatan lalu disimpan pada tempatnya semula. .

Bagi kamu yang sudah terbiasa mengganti ban bocor maka akan memakan waktu kira-kira tidak sampai 15 menit. Namun jika menjadi pengalaman perdana tidak menutup kemungkinan bisa satu jam lebih, kalau bingung dan tidak bisa membuka kunci ban. Maka mintalah bantuan, jangan lupa memarkir mobil dengan benar. Usahakan di tepi jalan, dan ketika mobil berada di jalanan menanjak maka beri batu untuk mengganjal ban mobil agar tidak berputar

Ban mobil akan semakin sering bocor jika tidak dirawat dengan baik, dan kamu tidak pernah mengecek kondisinya sebelum melaju keluar rumah. Ban butuh perawatan tertentu agar tidak mudah bocor dan sekalinya bocor segera perbaiki ke tukang ban. Sehingga bisa dipakai kembali namun untuk kerusakan parah karena ban sudah berumur mau tidak mau harus membeli ban baru.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.