8 Aturan yang Wajib Diketahui Sebelum Berwisata ke Gili Trawangan

Bali memang menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi mereka yang senang melihat keindahan pantai, hanya saja memang kawasan tersebut selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, apalagi ketika sudah memasuki waktu liburan. Sehingga bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan suasana yang crowded maka bisa memilih alternatif pantai lainnya yang nyatanya tidak kalah indah dibandingkan dengan Bali, namun lebih sepi, seperti yang ada di Lombok. Nyatanya memang ada banyak sekali spot-spot menarik di Lombok yang dapat Anda kunjungi, salah satunya adalah sebuah pulau kecil yaitu Gili Trawangan.

Pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan nama yang satu ini bukan, mengingat ia termasuk salah satu pulau kecil yang menawarkan banyak sekali keindahan, pasirnya yang putih, ditambah air laut tenang dan juga warna hijau air lautnya yang begitu alami. Ditambah juga dengan keberadaan spot-spot menarik untuk snorkeling yang nantinya bisa Anda jelajahi disini. Hanya saja sebelum memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan Anda kesini, pastinya ada banyak sekali diantara hal-hal yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Akses menuju Gili Trawangan, hal pertama yang harus diketahui adalah bagaimana akses agar bisa sampai kesana. terlebih dahulu datanglah ke Pelabuhan Bangsal, nantinya Anda bisa membeli tiket untuk menyeberang ke Gili Trawangan dengan menggunakan sebuah perahu kayu. Namun untuk ke pelabuhan Bangsal ini Anda harus melakukan perjalanan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan kondisi jalanan yang mulus, namun di beberapa titik juga sulit dilalui.
  2. Penitipan motor, saat sudah sampai ke Pelabuhan Bangsal ini, maka bisa langsung mencari penitipan motor yang ada disana, karena memang kendaraan bermotor dilarang beroperasi di kawasan ketiga Gili tersebut, tarifnya 5 ribu rupiah, namun jika menginap permalamnya harus membayar 10 ribu rupiah.
  3. Memilih boat umum ataupun dengan fast boat, ada 2 pilihan akses yang ditawarkan disini, yaitu dengan boat umum atau dengan fast boat, jika seandainya Anda ingin yang cepat maka bisa memakai fast boat, namun dengan tarif yang lebih mahal tentunya berkali-kali lipat dibandingkan dengan naik boat umum yang hanya dibandrol sebesar 15 ribu rupiah perorang, hanya saja harus menunggu sampai penumpangnya penuh, baru nantinya akan jalan.
  4. Hati-hati karena banyak ‘calo’ yang akan menyambut Anda, biasanya mereka adalah warga lokal yang berkedok membantu Anda membawakan barang bawaan, namun ternyata setelah dibawakan nantinya akan meminta imbalan uang, sehingga ada baiknya membawa barang bawaan Anda sendiri, jangan mau jika seandainya ada yang ingin membantu Anda.
  5. Keliling pulau Gili Trawangan, nantinya Anda bisa menikmati keindahan pemandangan disini dengan keliling pulau, entah itu berjalan kaki, ataupun juga dengan menyewa sepeda , ada juga tawaran menumpang cidomo. Sewa sepeda disini dibandrol sekitar 20 hingga 50 ribu rupiah, sedangkan dengan naik cidomo harus membayar sebesar 125 ribu rupiah.
  6. Tersedia listrik dan juga gerai ATM, jadi jika seandainya baterai ponsel habis maka bisa mengisinya disini, termasuk juga banyak tersedia ATM center yang ada di kawasan tersebut jika ingin tarik tunai.
  7. Harga makanan, karena memang kawasan wisata maka harga makanan yang ditawarkan juga agak mahal sekitar 60 ribu rupiah untuk nasi campur, sedangkan mie instan sekitar 15 ribu rupiah.
  8. Patut diketahui juga ada beberapa kawasan di Gili Trawangan yang melarang wisatawan untuk menggunakan bikini.

Nikmati liburan Anda ke tempat wisata indah ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.