6 Kuliner khas Solo yang Bisa Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Ini

Selain terkenal dengan kerajinan tangannya berupa Batik, Solo juga terkenal dengan wisata kulinernya yang melimpah. Nah jika kamu sedang berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk mencicipi sejumlah wisata kuliner khasnya. Sempatkan berkeliling dan menikmati berbagai macam kekayaan kuliner khas kota ini. Bahkan hanya dari satu kota ini saja kamu akan menyadari betapa kayanya keragaman kuliner negeri kita. Berikut ada beberapa kuliner khas Kota Solo yang bisa kamu coba, dimana saja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Brambang Asem

Brambang Asem merupakan salah satu kuliner sederhana khas Solo yang terbuat dari daun ubi jalar yang direbus. Meskipun hanya menggunakan daun ubi jalar sebagai bahan utamanya, namun cita rasa makanan ini sejatinya berada pada sambal brambang asem. Bahan dasar sambal inilah yang menentukan keberhasilan olahan ini memikat lidah. Sesuai namanya, brambang asem mempunyai aroma khas brambang (bawang merah) dalam bumbunya yang dicampur dengan terasi dan tentunya cabe untuk menambah rasa pedas. Cara membuat sambal brambang asem sama seperti membuat sambal rujak atau sambal lainnya, yang membedakan adalah brambang (bawang merah) dan terasi dibakar terlebih dulu sebelum digunakan.

2. Tengkleng

Kuliner Solo yang satu ini paling nikmat disantap bersamaan dengan nasi hangat. Perpaduan daging, tulang serta rempahnya tidak kalah lezat dibanding gulai kambing. Salah satu warung Tengkleng yang cukup terkenal di Kota Solo adalah Warung Tengkleng Bu Edi yang lokasinya berada di sisi utara Gapura Pasar Klewer. Cara penyajian tengkleng di warung Bu Edi ini cukup unik yaitu menggunakan pincuk daun pisang. Sementara dagingnya hanya sedikit dan menempel di tulang kambing. Soal rasa, banyak pengunjung yang ingin menambah dan membawanya pulang.

3. Timlo Sastro

Wisata kuliner paling menarik di kota Solo berikutnya yaitu Timlo Sastro. Timlo sendiri merupakan makanan yang berasal dari Solo dan berisi jeroan ayam, daging ayam potong, pindang telu ayam, ati ampela, serta potongan sosis khas solo yang kuahnya sama seperti sop pada umumnya dengan bagian atas ditaburi oleh bawang goreng yang menambah kesedapan makanan. Timlo Sastro terletak di pasar gede kota Solo di bagian belakang. Dengan rasanya yang menggoyang lidah, tak lengkap rasanya jika kamu tak pergi ke salah satu wisata kuliner Solo ini!

4. Selat Mbak Lies

Saat kamu berkunjung ke kota Solo, jangan lupakan untuk menikmati kuliner di Warung Selat Mbak Lies ini. Nama selat sendiri sebenarnya berupa salad, hanya saja namanya menjadi selat sebab penduduk sekitar biasa menyebutnya seperti itu. Objek wisata kuliner di Solo ini berada di Jl. Serengan No.42, kota Solo. Dengan menu kuliner andalannya yaitu selat bestik, yakni perpaduan irisan dari daging kapi, kentang goreng, selada, buncis, wortel, telur pindang, mayonaise Jawa, dan acar mentimun. Adapun pasangan minuman selad bestik ini yaitu es degan yang sangat menyegarkan. Selain itu, di tempat ini kamu dapat memilih gula putih, syrup atau gula jawa untuk dijadikan pemanisnya.

5. Srabi Notosuman

Jika Kota Bandung memiliki “soerabi enhaii” yang cukup terkenal, di Kota Solo juga ada Serabi Notosuman yang tak kalah melegenda. Lokasinya berada di Jalan Mohammad Yamin N0. 28, kamu bisa menemukan kedai serabi ini. Memang, ada perbedaan bentuk antara serabi Solo dengan serabi Bandung. Serabi Solo cenderung tipis dan lembut. Rasa santannya terasa kuat di mulut. Dijamin kamu pasti ketagihan setelah mencicipinya. Ada 2 varian rasa kue serabi yang lezat, kamu bisa mencoba kue serabi coklat dan polos. Keduanya sama – sama enak jika disantap. Ketika mencoba kue ini, rasanya begitu legit dan manis. Kue serabinya begitu menggoyang lidah, dijamin tak puas kalau hanya mencicipinya satu kali.

6. Sate Kere

Dinamakan Sate Kere karena bahan yang digunakan untuk membuat sate ini cukup sederhana yakni tempe gembus yang ditusuk dan dibakar seperti sate pada umumnya. Bumbu yang digunakan pun tak jauh berbeda dari sate kambing yaitu menggunakan potongan bawang merah mentah serta cabai rawit sebagai taburannya. Sate ini dibakar dengan bumbu bacem yang bercitarasa gurih dan manis.