5 Dasar-dasar Ilmu Merawat Anak Kucing Agar Lucu dan Penurut

Apa yang kamu pikirkan tentang anak kucing? Wajahnya yang lucu dan menggemaskan membuat siapa saja tertarik untuk mengadopsinya seperti anak sendiri. Ya, kucing sendiri memang termasuk ke dalam hewan peliharaan rumahan dan dijamin menggemaskan. Selain tubuhnya yang dipenuhi bulu halus dengan motif dan warna yang cantik. Penampilan wajahnya juga imut dengan tingkah laku yang juga membuat siapa saja gemas memeluknya

Dasar Ilmu Merawat Anak Kucing yang Lucu

Anak kucing menjadi pilihan karena memiliki tampilan lebih imut dan mudah untuk dijadikan peliharaan yang penurut ketimbang kucing dewasa. Namun jangan salah, memelihara anak kucing punya resiko kucing sakit sampai meninggal lebih tinggi. Sebelum memutuskan memelihara anak kucing pelajari dasar-dasarnya di bawah ini:

  1. Teliti memilih makanan dan minuman, Anak kucing memerlukan asupan nutrisi yang kaya dan seimbang, kurang tepat jika memberikan ikan asin dan nasi putih. Kecuali kamu memelihara anak kucing ras kucing kampung, namun untuk membuat sehat dan lincah. Berikan makanan khusus kucing dalam kemasan dan sudah memiliki label AAFCO.
  2. Disiplin untuk mengajarkan kebiasaan baik, Sebagai hewan tentu anak kucing memiliki naluri untuk menjadi hewan pada umumnya, yang susah jinak atau galak. Nah, menariknya kucing yang sering dijadikan peliharaan rumahan ini lumayan penurut. Asalkan kamu disiplin mengajarkan kebiasaan baik misal soal buang kotoran, semprot kucing dengan air ketika buang hajat sembarangan. Perlahan mereka akan terbiasa buang hajat di tempat yang kamu sediakan.
  3. Ajak anak kucing bermain, Sebagai hewan peliharaan tentu akan semakin dekat dengan kamu asalkan rutin diajak bermain dan bercanda. Idealnya setiap hari anak kucing diajak bermain sekitar 10 menit, supaya lebih dekat dan jinak. Bermain juga sarana olahraga bagi kucing dan jenis permainannya banyak mulai dari memberinya pita, bola-bola benang, dan mainan khas kucing lainnya.
  4. Berikan hadiah untuk semua prestasinya, Kadang kala merawat anak kucing membuat hati jengkel terlebih jika makanya susah, sering tidur ketimbang bergerak, atau mengamuk saat memotong kuku tajamnya. Mengurangi efek galak anak kucing bisa dengan memberi hadiah untuk setiap perubahan dan prestasinya. Misal memberi makan istimewa saat usai memotong kuku sampai tuntas.
  5. Lakukan perawatan rutin, Kucing sebagai hewan rumahan ternyata juga butuh perawatan khas salon, maka banyak dijumpai salon khusus hewan peliharaan. Manjakan anak kucing kesayangan dengan datang ke salon beberapa bulan sekali. Sehingga bisa mandi dengan suasana beda, keramas, menyisir bulu-bulunya, sampai sesi pemijatan. Dijamin kucing akan lebih rileks dan semakin sayang pada kamu selaku pemiliknya alhasil kamu pun semakin menyayanginya.
  6. Kunjungi dokter hewan secara berkala, Kucing beda dengan anjing yang cukup dibawa ke dokter di kala jatuh sakit, kucing perlu diberi vaksinasi rutin untuk menghindari virus tokso. Nah, kamu tentu tidak mau sakit dan mengidap penyakit aneh-aneh karena memelihara kucing lucu ‘kan? Maka rutin kunjungi dokter hewan untuk memberi vaksin, cek kesehatan gigi, dan lain sebagainya. Memiliki hewan peliharaan memang baiknya dirawat secara maksimal, supaya mereka sehat dan juga penurut. Sebab merekalah teman sejati kamu sebab tidak peduli susah maupun senang, apakah dompet tebal atau keriput karena kosong. Kucing kesayangan akan setia menghibur kamu maka sudah menjadi kewajiban memberi perawatan terbaik. Tentunya tidak hanya makan dan minum bernutrisi melainkan setiap point yang disebutkan di atas.
Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.